Rekomendasi Buku

Rekomendasi Buku Cerita Untuk Anak – Anak

Mengajarkan anak berbicara serta berkomunikasi dimulai dari mengenalkan mereka kepada bahasa. Bahasa sebagai objek komunikasi memiliki tempat khusus di otak, tepatnya frontal lobe. Namun, tahukan kalian bahwa language development seseorang perlu dilatih dan dikembangkan?

Pengembangan bahasa dapat menyokong kemampuan anak berbicara, mengemukakan, serta memahami perasaa, membentuk pola pikir, melatih kemampuan pemecahan masalah, dan membantu anak mengelola hubungan dengan orang lain.

Nah, salah satu caranya adalah bisa dengan mudah dilakukan dengan membaca buku cerita. Membaca buku bersama anak bukan berarti anak diminta untuk memahami buku secara mandiri.

Jika si kecil masih belum bisa membaca, orangtua bisa membacakan secara nyaring untuk anak dengan nada, ekspresi, intonasi, dan suara yang berbeda-beda sesuai karakter tokoh dalam buku cerita anak agar si kecil tertarik dan mampu memahami isi buku cerita anak dengan lebih mudah.

Saat anak sudah mulai bisa membaca sendiri, tentu akan lebih baik jika orangtua tetap membersamainya saat membaca buku.

Selain itu, membacakan buku untuk anak hendaknya dapat disertai dengan menghubungkan isi buku dengan apa yang terjadi di kehidupan sehari-hari dan nilai-nilai kebaikan yang bisa diajarkan kepada anak. Sehingga akan banyak hal baru yang dipelajari anak lewat interaksinya dengan buku.

Lalu, buku apa saja sih yang kira – kira cocok untuk mereka? Yuk simak di bawah ini.

1.Seri Ayo Berkata Baik – Gramedia Pustaka Utama

Seri Ayo Berkata Baik – Gramedia Pustaka Utama

Buku cerita anak berseri ini terdiri atas 4 jenis buku yang mengajarkan nilai-nilai kebaikan dasar yang wajib dimiliki setiap individu dalam berinteraksi dengan orang sekitar. Maaf, Tolong, Terima Kasih dan Permisi adalah 4 kata yang penting untuk diajarkan pada anak sejak dini.

Kesopanan dan menghargai orang lain adalah hal yang sering dilupakan banyak orang. Maka dari itu, anak-anak sedari kecil membutuhkan media belajar kesopanan yang ringan dan tidak menggurui.

Hadirnya buku cerita anak yang mengajarkan 4 kata ajaib ini bisa melatih anak berucap yang baik. Judul-judulnya adalah sebagai berikut:

  • Sisi Bilang Terima Kasih
  • Tiko Bilang Tolong
  • Elpa Bilang Maaf
  • Mimi Bilang Permisi

Jika orangtua mengajarkan anak 4 kata ajaib ini dengan cara yang tidak tepat dan cenderung memaksa, maka anak akan melakukannya hanya ketika disuruh.

Lain halnya jika anak belajar dari kisah dalam buku ini. Ada tokoh lucu yang mencontohkan, ada pelajaran yang bisa anak pahami, dan ada imajinasi tersendiri saat anak membaca bukunya lalu menghubungkan dengan kesehariannya.

Buku-buku karya Watiek Ideo yang juga menulis “Cerita si Korona” ini dibanderol dengan harga Rp37.000,- setiap judul dan bisa dibeli baik secara terpisah maupun satu paket.

Kalianbisa memesan lewat link ini ya. Karena buku ini hadir dalam bentuk soft cover, diperlukan bimbingan orangtua agar anak berhati-hati saat membaca buku supaya tidak sobek atau rusak.

2.Seri Halo Balita – Mizan

Seri Halo Balita – Mizan

Seri cerita Halo Balita adalah buku cerita anak terbitan Mizan. Dalam seri ini terdapat banyak buku yang bisa Ibu pilih.

Salah satunya seri cerita Halo Balita memiliki 3 tema besar: 9 judul buku bertema self-help yang akan memupuk kemandirian anak; 11 judul bertema value atau nilai-nilai kebaikan; 5 judul bertema spiritual yang menanamkan nilai-nilai keagamaan.

Meski seri cerita Halo Balita ini menggunakan karakter tokoh muslim, nilai-nilai yang diangkat dalam setiap cerita bersifat universal.

Misalnya dalam buku yang mengajarkan kemandirian pada anak seperti judul “Aku Bisa Makan Sendiri”, “Aku Bisa Merapikan Mainan Sendiri”, dan “Aku Suka Buku”.

Begitu pula dengan buku bertema value atau nilai kebaikan seperti, “Aku Anak Jujur”, “Aku Belajar Membuang Sampah”, dan “Aku Anak Pemberani”.

Selain seri cerita Halo Balita, ada juga seri dongeng Halo Balita yang tak kalah menarik dan berisi value positif yang bisa diajarkan pada anak.

Seperti seri dongeng yang berjudul “Gajah Bersin” yang mengajarkan tentang perbedaan dan sikap yang baik kepada teman, juga seri dongeng Halo Balita berjudul “Bantal Mimpi” yang menceritakan tentang dampak buruk jika bermalas-malasan dan bagaimana si tokoh berusaha mengubah kebiasaan buruknya.

Buku ini hadir dalam bentuk boardbook dengan ujung tumpul sehingga aman untuk anak dan tidak mudah sobek. Buku jenis ini juga tahan air, jadi lebih awet.

Buku cerita anak ini bisa di dapatkan di sini, dengan harga sekitar Rp41.000-100.000 per buah. Jika ingin membeli sekaligus, ada harga khusus yang ditawarkan oleh para reseller.

Nah, itulah beberapa rekomendasi buku bacaan anak terbaik yang bisa kalian coba bacakan kepada mereka. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...